Zeni D Ningrum

Change your words you will change your world !

Apa itu sistem ?
Menurut Marshall B Romney, sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
Tujuan disini dibedakan menjadi dua, yaitu :
1. Konflik tujuan
Terjadi ketika komponen bertindak sesuai dengan kepentingan mereka sendiri tanpa memperhatikan tujuan keseluruhan.
2.  Kongruensi Tujuan
Terjadi ketika komponen bertindak sesuai dengan kepentingan mereka sendiri tetapi berkontribusi terhadap tujuan keseluruhan
Sistem terdiri dari tiga unsur yaitu: input (masukan), proses dan output (pengeluaran). Input disini bisa dimaksud data yang nantinya akan diproses dan nantinya menghasilkan output berupa informasi.

Apa perbedaan antara data dan informasi ?
Data adalah fakta yang direkam dan disimpan.
Data belum cukup untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
Sedangkan,
Informasi adalah data yang telah diolah yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
Namun terlalu banyak informasi juga akan membuat sulit dalam pengambilan keputusan. Hal ini dikenal sebagai Information Overload.

Apa keuntungan menggunakan informasi ?
1.  Mengurangi Ketidakpastian, karena informasi disini dihasilkan dari data-data yang memang faktual yang telah diproses sedemikian rupa.
2.  meningkatkan Keputusan, artinya karena informasi yang ada akurat maka keputusan yang dibuat akan semakin meyakinkan.
3.meningkatkan Perencanaan, dengan adanya informasi maka kita akan mampu membuat rencana untuk ke depannya.
4. meningkatkan Penjadwalan, hampir sama dengan meningkatkan perencanaan dimana dengan tersedianya informasi maka kita akan mampu menjadwalkan apa saja yang harus dilakukan agar tujuan kita dapat segera tercapai.
Namun tentu saja ada yang dikorbankan untuk memperoleh suatu informasi, yaitu :
1.                  Waktu & Sumber Daya
2.                  Pemrosesan data menjadi  Informasi atau pembuatan informasi tersebut
3.                  Penyebaran Informasi

Apa yang membuat informasi bisa digunakan ?
Karakteristik yang diperlukan sebuah informasi antara lain :
1.                  Relevan
“Informasi mampu membantu dalam pengambilan keputusan baik dengan memprediksi dari hasil masa lalu, sekarang, maupun kejadian yang akan terjadi di masa depan untuk mengkonfirmasi atau memperbaiki ekspektasi sebelumnya."
2.                  Reliable
"Kualitas informasi yang menjamin bahwa informasi cukup bebas dari kesalahan dan makna bias dan bisa mewakili isi atau tujuan dari informasi tersebut secara keseluruhan.”
3.                  Lengkap
"memuat semua informasi yang memang relevan dengan tujuan perusahaan tersebut serta tidak terpotong-potong sehingga tidak menimbulkan salah paham yang nantinya akan mempengaruhi pengambilan keutusan.
4.                  Tepat waktu
“Informasi yang tersedia bagi pengambil keputusan ada tepat waktu atau saat dibutuhkan yaitu sebelum informasi tersebut kehilangan kapasitasnya untuk mempengaruhi keputusan (basi)."
5.                  Mudah dimengerti
"Informasi yang ada memungkinkan pengguna untuk memahami maknanya."
6.                  Terverifikasi
"Informasi telah di uji atau di verifikasi untuk memastikan bahwa informasi yang ada mewakili apa yang dimaksudkan atau bahwa metode yang digunakan untuk memperoleh informasi tersebut bebas dari kesalahan."
7.                  Mudah diakses
“Informasi tersedia bila diperlukan (lihat tepat waktu) dan dalam format yang berguna (lihat dimengerti).

0 komentar:

Posting Komentar